FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT GASTRITIS PADA MAHASISWI YANG TINGGAL DI ASRAMA AKADEMI KEPERAWATAN PEMKAB GARUT
Iwan Shalahuddin, Hesti Platini

Abstrak

ABSTRAK

            Penyakit gastritis merupakan salah satu penyakit yang dapat menghambat aktivitas seseorang dalam menjalankan kehidupan sehari hari, terutama pada mahasiswa putri Akper Pemkab yang tinggal di asrama. Pada tahun 2016, jumlah penderita penyakit gastritis di kalangan mahasiswa Akper Pemkab Garut, yaitu sebanyak 79 orang (50,9%) pada tingkat I, 60 orang (51,7%) pada tingkat II dan 74 orang (59,6%) pada tingkat III. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dan sikap mahasiswa putri Akper Pemkab Garut yang tinggal di asrama.

            Jenis penelitian ini menggunakan studi kuantitatif dengan metode penelitian Cross Sectional dan teknik pengumpulan data melalui wawancara menggunakan lembar instrument penelitian (kuesioner). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa putri Akper Pemkab Garut yang tinggal di asrama berjumlah 116 orang, dengan jumlah sampel 54 orang.

            Ditemukan permasalahan yang menyangkut pengetahuan dan sikap mahasiswa putri Akper Pemkab mengenai penyakit gastritis, dimana dari 31 responden yang berpengetahuan rendah, sebanyak 28 orang (90.3%) memiliki perilaku upaya pencegahan penyakit gastritis yang negatif. Selain itu, dari 29 mahasiswa yang memiliki sikap negatif, sebanyak 26 orang (89,7%) memiliki upaya pencegahan penyakit gastritis yang negatif pula.

Berdasarkan hasil uji statistik, maka diketahui bahwa faktor pengetahuan dan sikap mempunyai hubungan dengan upaya pencegahan penyakit gastritis pada mahasiswa putri Akper Pemkab Kabupaten Garut yang tinggal di asrama tahun 2016. Hasil penelitian tersebut, dapat digunakan sebagai bahan masukan kepada pihak-pihak terkait dalam upaya pencegahan penyakit gastritis pada kalangan mahasiswa putri Akper Pemkab Kabupaten Garut yang tinggal di asrama.

 



© 2017 | Design & Programming by ICT STIKES Sukabumi | Login